Daerah Wisata Dieng, Suhu Ekstrem Capai 2 Derajat Jadi Daya Tarik Wisatawan

Daerah Wisata Dieng, Suhu Ekstrem Capai 2 Derajat Jadi Daya Tarik Wisatawan
Topik Digital. Kalau biasanya kita bisa temui butiran salju hanya di wilayah Eropa atau Asia Timur seperti Korea dan Jepang, kini kita juga bisa merasakan sensasi dingin bagaikan salju di tanah jawa.

Bagaimana tidak, saat ini suhu di daerah wisata Dieng mencapai 2 derajat celcius. Lokasinya berada di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, sehingga sebagian masuk dalam wilayah Wonosobo dan sebagian masuk wilayah Banjarnegara.

Belum lama ini viral video seorang warga yang membagikan kondisi ber-es di Dieng, terutama terkait dengan suhu yang hanya mencapai 2 derajat celcius. “Suhu tadi pagi (6/7) mencapai 2 derajat mba,” kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia Banjarnegara, Suyono saat ditanyai lewat pesan singkat.

Tetapi, menurutnya suhu ini belum berada pada titik maksimal karena akan terjadi suhu lebih dingin di bulan Agustus. “Belum lagi nanti disusul di bulan Agustus, biasanya cenderung nol sampai minus,” tambahnya.

Meskipun suhu dingin, tetapi cuaca di lokasi wisata cenderung cerah sehingga malah menarik perhatian banyak pengunjung. “Malah jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, karena cuaca begini mereka akan disuguhkan fenomena alam yang luar biasa, terutama jika menikmati sunrise,” tambahnya.

Membekunya air dan turunnya es kristal wilayah wisata hingga di lahan pertanian memang sudah menjadi suatu fenomena yang sudah lama terjadi di Dieng.

Mereka biasa menyebutnya dengan embun upas atau es batu kristal.
Meskipun fenomena tersebut menarik perhatian wisatawan, tetapi menurut warga embun upas ini disebutkan bisa merusak tanaman kentang milik petani sekitar. “Kristal es yang menempel pada daun kentang menyebabkan mati tanaman karena membuat daun kering” ujar Ken Sari, warga Dieng.

Dataran Tinggi Dieng memang menjadi salah satu daerah wisata unggulan di Jawa Tengah yang menyuguhkan wisata alam seperti naik gunung, berbagai danau cantik, candi-candi hindu, kawah, dan lain sebaginya.

Pada tempat wisata tersebut juga rutin diadakan acara festival kebudayaan yang berisi ruwatan gimbal hingga festival lampion yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali.

Comments

Popular posts from this blog

Jet Angkatan Udara Rumania Jatuh Dan Meledak Saat Atraksi Di Udara

Berlibur Ke Korsel, Jangan Lupa Bawa Sederet Oleh-oleh Kosmetik Super Cute