Rahasia Masakan Padang Berbahan Dasar Santan yang Tahan Lama

Rahasia Masakan Padang Berbahan Dasar Santan yang Tahan Lama
Topik Digital. Masakan Padang (Minang) adalah salah satu hidangan favorit banyak orang. Selain rumah makan padang mudah ditemukan di mana-mana, rasanya yang lezat juga mudah disukai siapa saja. Karena masakan padang diolah dengan banyak bumbu dan rempah.

Citarasanya sangat pas untuk lidah orang Indonesia yang memang terbiasa dengan bumbu-bumbu. Yang lebih istimewa, masakan padang juga dikenal awet. Ambil contoh, rendang.

Hidangan daging yang sarat rempah ini sering dijadikan bekal untuk kemping hingga saat menunaikan naik haji. Bahkan rendang sudah dijual dalam kemasan kaleng sehingga mudah dibawa ke luar negeri.

“Mengapa masakan padang yang ditaruh di suhu ruangan tidak basi? Padahal sangat mengandung santan. Itu karena di dalamnya ada lebih dari 16 rempah dan herbs yang bersifat antimikroorganisme,” papar Ervina, Msc., dari Indonesia International Institute for Life Sciences.

Menurut Ervina, rempah-rempah tidak hanya berfungsi sebagai pemberi aroma tapi juga berguna sebagai pengawet, dan mampu bertindak sebagai antioksidan.

Pada masakan padang, misalnya, proses memasak bahan makanan dengan bumbu-bumbu selama 2-3 jam itulah yang akan meningkatkan citarasanya.

Hampir semua herbal dan rempah punya bahan aktif yang berfungsi sebagai antimikrobia.
Bawang putih, mustard, cengkeh, dan jahe, sudah terbukti dapat menghambat bakteri di dalam sistem makanan yang disimulasikan.

Senyawa di dalam rempah-rempah tersebut bisa menghambat mikroba pathogen maupun bakteri pembusuk.

Tetapi, kemampuan bahan aktif untuk menghambat pertumbuhan mikroba tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, di antaranya jenis senyawa dan konsentrasinya.

Makin tinggi konsentrasinya, kemampuan antimikrobianya juga makin tinggi.
Sedangkan ekstrak rempah-rempah yang digunakan untuk meningkatkan citarasa masakan biasanya hanya pada konsentrasi yang rendah.

Jika konsentrasinya ditingkatkan untuk digunakan sebagai pengawet, rasanya tentu akan terlalu tajam.

Comments

Popular posts from this blog

Daerah Wisata Dieng, Suhu Ekstrem Capai 2 Derajat Jadi Daya Tarik Wisatawan

Jet Angkatan Udara Rumania Jatuh Dan Meledak Saat Atraksi Di Udara

Berlibur Ke Korsel, Jangan Lupa Bawa Sederet Oleh-oleh Kosmetik Super Cute